Selasa, 19 Januari 2010

kegiatan "Camping Ramadhan"



PESANTREN KILAT RAMADHAN
REMAJA MASJID NURUL IMAN GUNUNG BANDUNG
Bulan-Bulan, 28 – 30 AGUSTUS 2009

A.Pendahuluan
”Apabila anak Adam meninggal dunia, maka terputuslah semua amalnya kecuali 3 perkara yaitu anak sholih yang mendo’akanya, ilmu yang bermanfaat, dan amal jariyah.” ( H.R. Thabrani )
Remaja Masjid Nurul Iman Gunung Bandung adalah organisasi remaja yang berdiri sejak tahun 1995, berazaskan Islam dan beranggotakan remaja yang duduk di SMP dan SMA sederajat maupun sudah selesai sekolah namun belum menikah. Remaja merupakan generasi penerus yang akan membawa arah perkembangan bangsa dan agama ini. Untuk itu diperlukan pembekalan yang baik kepada mereka agar tidak tergilas oleh kemajuan zaman. Pendidikan merupakan hal yang mutlak diperlukan oleh generas muda, sebagai bekal untuk mengembangkan potensinya ditengah-tengah masyarakat. Menyadari akan pentingnya proses pendidikan pada remaja maka akan sangat bermanfaat jika setiap moment dan waktu dimanfaatkan untuk belajar.
Bulan ramadhan merupakan moment yang baik dan bulan yang mulia bagi umat Islam untuk memperdalam ilmu agama. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, bulan ramadhan merupakan libur yang panjang bagi siswa SMP dan SMA (6 Minggu). Akan sangat disayangkan jika waktu tersebut hanya dimanfaatkan dengan kegiatan yang kurang edukatif. Terlebih jika hanya diisi dengan kegiatan rekreatif di rumah yang biasanya hanya didominasi oleh kegiatan menonton TV, play station bahkan kegiatan yang merugikan seperti ngabuburit jalan-jalan sore menghabiskan BBM kendaraan (mubazir).
Sehubngan dengan hal tersebut diatas, maka kami Remaja Masjid Nurul Iman Gunung Bandung berinisiatif mengadakan kegiatan yang dapat dimanfaatkan oleh remaja untuk mengisi liburan secara lebih positif. Selain itu dapat mengisi kekurangan akan porsi pendidkan agama yang diberikan disekolah formal, kegiatan yang dimaksud adalah Pesantren Kilat Ramadhan Remaja Masjid Nurul Iman Gunung Bandung

B.Laporan Kegiatan
Sejak tanggal 10 Agustus 2009 kepanitiaan pesantren kilat mengumumkan dan menyebarkan brosur kegiatan pesantren kilat yang kami maksud, tetapi sampai tanggal 20 Agustus 2009 baru 4 orang peserta yang mendaftar. Sehingga kami adakan evaluasi dalam perekrutan peserta, ternyata beberapa calon peserta megatakan takut dengan kegiatan pesantren kilat, maka berdasarkan rapat lanjutan kepanitiaan tanggal 23 Agustus 2009 kegiatan dirubah namanya menjadi “Camping Ramdahan” tetapi tanpa merubah konsep acara yang sudah dijadwalkan sebelumnya. Dari perubahan nama kegiatan ini, panitia berhasil mengumpulkan 28 calon peserta, tetapi pada saat kegiatan hanya 25 peserta yang mendaftar ulang.
Pada tanggal 28 Agustus 2009 pukul 17.45 acara resmi dibuka oleh kepala desa Bulan-bulan Bapak Darmawi. Selesai pembukaan peserta bersih diri dan melakukan persiapan buka puasa, Selanjutnya buka puasa, shalat maghrib, makan, dan shalat isya tarawih berjamaah di musahallah Nurul Yaqin, yang letaknya berdekatan dengan lokasi kegiatan. Pada pukul 21.10 peserta memasuki ruang belajar untuk menerima materi Love Allah yang diisi oleh anggota Majelis Ulama Indonesia (MUI) Batubara yaitu bapak Sabaruddin Lc. Selesai menerima materi peserta dan instruktur mengadakan rapat kontrak belajar, dan menerima materi cita-citaku yang diisi oleh motivator kota Medan yaitu Mutiara Sari Harefa. Pukul 23.50 peserta diistirahatkan di ruang peserta masing-masing. Adapun instruktur yang kami undang adalah mahasiswa IAIN Sumatera Utara Medan.
Pukul 03.45 Sabtu 29 Agustus 2009 peserta dibangunkan untuk melaksanakan shalat tahajjud, sahur dan shalat subuh. Selesai shalat subuh salah seorang peserta mengadakan kultum dengan disaksikan masyarakat jamaah mushallah Nurul Yaqin. Kemudian peserta dan panitia berolahraga dengan dipimpin oleh instruktur melalui games lapangan. Pukul 07.00 peserta melakukan bersih diri, dan pukul 08.05 peserta memasuki ruang belajar untuk menerima materi Abi wa Ummi yang diisi oleh kepala KUA kecamatan Limapuluh yaitu bapak Ahmad Sofyan S.Ag, selesai melakukan tanya jawab dan review materi peserta mendapatkan games ruangan dari instruktur. Selanjutnya peserta menerima materi perkenalan pertolongan pertama yang diisi oleh anggota Palang Merah Indonesia (PMI) selesai mereview materi peserta melakukan Tadarus sembari persiapan shalat zuhur. Selesai zuhur peserta menikmati nonton bareng film “Laskar Pelangi” dan membahas cerita film tersebut, kemudian peserta melakukan shalat Ashar. Pukul 16.25 peserta memasuki ruang belajar untuk menerima materi NAPZA dan Kenakalan Remaja oleh Humas Polsek Limapuluh Bapak Indra Jaya. Selesai tanya jawab peserta melakukan mandiri dan persiapan buka puasa.
Selesai buka puasa, shalat maghrib, makan malam dan shalat isya peserta diarahkan untuk memasuki lokasi belajar guna menerima materi kepemimpinan yang diisi oleh Firmansyah, S.PdI mantan komandan KSR PMI IAIN-SU. Pukul 22.15 peserta menikmati coffe break dan dilanjutkan dengan materi manajemen organisasi dan administrasi praktik serta teori komunikasi yang diisi oleh Miswanto S.PdI dengan diselingi games ruangan.
Pukul 00.30 Minggu 30 Agustus 2009 peserta mendapat materi binamental sekaligus muhasabah yang diisi oleh tim instruktur. Selanjutnya pukul 04.15 peserta menikmati makan sahur dan dilanjutkan dengan shalat subuh kemudian Kultum Subuh selesai kultum dan tadarus peserta diperkenankan istirahat. Pukul 07.30 peserta diarahkan untuk bersih diri dan dikumpulkan kembali di ruanng belajar pukul 08.45 untuk melakukan persiapan penutupan. Akhirnya pukul 11.15 kegiatan resmi ditutup oleh kepala dusun VI desa Bulan-bulan yaitu bapak Jaman selesai bersalaman peserta diperbolehkan pulang pukul 12.00

C. Penutup
Demikina surat pertanggung jawaban (SPJ) ini kami buat, agar dapat digunakan seperlunya. Atas bantuan dan perhatian yang Bapak/ Ibu berikan, kami ucapkan terima kasih. Semoga bantuan yang Bapak/ Ibu berikan dapat menjadi amal shaleh. Adapun photo-photo kegiatan terlampir

Bulan-Bulan, 8 September 2009
Panitia Pelaksana Kegiatan Pesantren Kilat Ramadhan
Remaja Masjid Nurul Iman Gunung Bandung

Tidak ada komentar: